Vararg Argument kotlin

Vararg berfungsi untuk menyederhanakan beberapa parameter yang memiliki tipe data yang sama menjadi parameter tunggal, ini bisanya digunakan Ketika sebuah fungsi yang menggunakannya tidak mengetahui jumlah argumen yang akan disematkan ketika fungsi tersebut dipanggil. Jumlah parameter di masukkan dapat berdasarkan argument yang di masukkan saat mengakses atau melakukan pemanggilan fungsi. Berikut contoh vararg dalam kode program :
Dengan vararg kita juga bisa membuat fungsi dengan generic untuk tipe parameter, misalnya seperti berikut ini :
Perlu diperhatikan dalam penggunaan vararg ada aturan - aturan yang perlu diperhatikan :

Kode diatas error, karena mimiliki parameter vararg lebih dari satu

Parameter yang ditandai dengan vararg sebaiknya berada pada posisi pertama namun jika kita ingin menempatkan parameter yang ditandai vararg bukan pada posisi pertama kita bisa mendifisikannya secara langsung. Namun berbeda saat fungsi tersebut dipanggil di mana kita harus menggunakan named argument saat ingin melampirkan argumen untuk parameter yang tidak ditandai dengan vararg. Contohnya seperti berikut:
Jika diperhatikan parameter vararg akan sama saja jika menggunakan Array sebagai tipe data parameter. Kode dibawah ini menunjukkan perbedaan efek meggunakan tipe data vararg dibandingkan dengan tipe data Array :

No comments:

Post a Comment