Extensions Pada Kotlin

Dengan Extension pada kotlin memungkinkan kita untuk menambahkan fungsi baru pada sebuah kelas tanpa harus mewarisi kelas tersebut. Extension function sebenernya cara bagaimana kita dapat mengakses parameter private ataupun protected dengan tujuan kita untuk di lakukan modifikasi di kelas yang baru kita bkin. Berikut contohhny :

Extension Functions digunakan untuk menambahkan fungsi baru dengan menetukan receiver type lalu kemudian tambahkan di depan nama fungsi yang dipisahkan dengan tanda titik".".Berikut Contoh dalam kode program :
Dapat dilihat funsi plusFive dan printInt memiliki kelas Int sebagai receiver type ,sedangkan kata kunci this adalah receiver type yang bertindak sebagai objeknya. Nilai dari objek tersebut bisa digunakan di dalam extension yang sudah dibuat.

Extension Properties diguankan untuk menambah sebuah properti baru pada sebuah kelas tanpa harus menyentuh kode di dalam kelas tersebut. Berikut contoh kode programnya :
Getter dan setter untuk mengakses extension properties harus dideklarasikan secara eksplisit. Hal ini dikarenakan extension tidak mengubah kelas aslinya melainkan hanya menambah fungsionalitasnya atau properti di kelas yang mendeklarasikan extension

Nullable Receiver digunakan untuk safety null exceptions di dalam extensions. Berikut contoh kode programnya :

No comments:

Post a Comment