Installasi dan Contoh Penggunaan Openshift CLI

 

1. Download Link disini https://github.com/openshift/origin/releases/download/v3.11.0/openshift-origin-client-tools-v3.11.0-0cbc58b-windows.zip 2. Jika Sudah Ekstract File Hasil download di path yang sesuai kebutuhan anda, semisal di saya di simpan di path D:\cli


3. Lakukan Setpath sesuai lokasi ekstrak , klk kanan This PC -> Pilih properties dan selanjutnya ikutin sesuai ss yang terhigliht kuning dari kiri kekanan :
4. jika sudah silahkan buka cmd dan lakukan login dengan perintah oc login dan masukkan alamat server openshift anda(disini saya hidden dengan higlight hijau). 

5. Jika sudah pilih project dengan perintah oc project , semisa nama project adalah canalis, untuk yang di hidden adalah alamat server openshift yang di tuju
6. Gunakan perintah "oc get pods" untuk mendapatkan daftar list pods dari project tersebut
7. Gunakan perintah "oc log " untuk melihat log pods yang diinginkan 8. Jika anda ingin memindahkan log dari server ke file maka gunakan perintah berikut "oc log > ", sebagai contoh di SS bawah ini adalah file.txt yang nantinya akan tersimpan di local sesuai path saat eksekusi.
9. Selanjutnya membuka remote shell ke sebuah conteiner "oc rsh " , ini contoh jika kita ingin memindahkan file dari server ke local komputer kita.
10. Selanjutnya misalkan file yang akan kita ambil ada di folder /apps/data/report/template, masuk ke path tersebut dan kemudian ls-l untuk melihat lish file yang terdapat di folder tersebut.
11. sebagai contoh kita akan ambil file report didalam path /apps/data/report/template/DNCNNOTE.jrxml, sebenernya hanya melihat lokasi path file yang akan diambil saja jadi lanjutkan dengan "exit" saja.
12. Gunakan perintah "oc rsync :// ./"

1 comment