Belajar Command Line Basic

Command Line adalah tool yang penting untuk pengembangan software. Dengan menggunakan command, Anda dapat menjalankan banyak program pada komputer Anda. Dalam Tutorial ini kita akan belajar fundamental  command UNIX.  Command Line adalah tool untuk berinteraksi dengan komputer dengan hanya menggunakan text (juga dikenal sebagai text interface) daripada metode lain seperti klik dan scrolling. 

1. touch
Untuk membuat file kosong dengan mengetik touch file_name, lalu kemudian Cek untuk melihat filenya dengan mengetik perintah ls.
2. cat
Untuk menampilkan konten dari sebuah file dengan mengetik cat nama_file. Selain itu kita dapat melakukan input file dalam sebuah teks secara langsung dengan perintah cat > nama_file lalu Enter dan isikan kalimat yang ingin diinputkan pada file tersebut. Berikut contoh fungsi cat untuk menginput teks kedalam file
Gunakan CTRL + C untuk keluar setelah melakukan input teks kedalam file beginner.txt dan coba cek kembali dengan untuk melihat isi file
Jika Anda menentukan sebuah file yang tidak ada menggunakan command cat, Anda akan mendapat sebuah error karena file yang ingin ada dapatkan isinya tidak ada.
3. mkdir
Anda dapat membuat direktori baru menggunakan command. Sebuah direktori dikenal juga dengan istilah folder. Untuk membuat sebuah direktori, gunakan command mkdir sebagai berikut: mkdir nama_direktory.
4. cd
Anda dapat menggunakan command cd untuk berpindah ke direktori lain. Dengan mengetik cd directory_name, Anda dapat berpindah ke suatu direktori spesifik.
Jika Anda menjalankan cd tanpa menetapkan sebuah direktori, Anda dapat berpindah ke apa yang disebut direktori awal (home). Direktori awal diwakilkan tanda ~ seperti pada gambar di bawah.
5. pwd
Pada command line, sangat penting untuk mengetahui direktori dimana Anda bekerja. Ada command yang disebut pwd untuk mengecek itu. Saat Anda menjalankan command pwd seperti pada gambar di bawah, semua direktori dari direktori root sampai direktori saat ini akan ditampilkan.
6. ls
Saat berpindah diantara direktori, akan lebih mudah jika kita dapat melihat daftar file dan direktori di dalam direktori saat ini. Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan command ls seperti ditampilkan di bawah. Perlu dicatat bahwa command ls hanya akan menampilkan direktori dan file yang merupakan anak langsung dari direktori saat ini.
7. ..
digunakan untuk berpindah ke direktori induk, Anda dapat menggunakan simbol khusus .., seperti cd .. .
8. mv
Dengan mengetik mv file_yang_dipindahkan direktori_tujuan, Anda dapat memindahkan sebuah file ke direktori yang dispesifikasikan.
Dengan command mv, Anda juga dapat memindahkan direktori, bukan hanya file. Dengan mengetik mv direktori_yang_dipindahkan direktori_tujuan, Anda dapat memindahkan semua file dan direktori di bawah direktori tersebut.
Command mv, yang kita gunakan untuk memindahkan file dan direktori sebelumnya, dapat juga digunakan untuk menamai ulang sebuah file.Anda dapat menamai ulang sebuah file dengan mengetik mv nama_file_lama nama_file_baru.
9. cp
dapat digunakan untuk menyalin sebuah file dengan mengetik cp file_yang_disalin nama_file_baru.
Dengan command cp, Anda juga dapat menyalin direktori dengan menambahkan pilihan -r (Recursive copy), seperti cp -r directory_yang_disalin nama_directori_baru. Dalam simulasi saya mecobakan untuk kasus eror karena tidak menambahkan -r
10. rm
untuk menghapus file dapat menggunakan command rm, seperti rm file_yang_dihapus.
Anda juga dapat menghapus sebuah direktori dengan menambahkan pilihan -r ke command rm, seperti rm -r direktori_yang_dihapus. Seperti command cp, Anda akan mendapat error jika lupa menambahkan -r.

No comments:

Post a Comment