Tipe Data Pada Kotlin

Tipe data digunakan agar kompiler mengetahui bagaimana sebuah data akan difungsikan(Menetukan operasi apa saja yang dapat dilakukan pada sebuah variabel dan bagaimana nilai dari sebuah variabel disimpan).  Contoh capture  dibawah ini  menggambarkan operator + akan berfungsi sebagai penggabung pada tipe data strirng dan penjumlahan pada tipe data Integer.


Characters
Characters adalah salah satu variabel yang digunakan untuk menyimpan nilai berbentuk karakter tunggal(jika memasukkan lebih dari satu karakter akan error). Characters dipresentasikan dengan menggunakan tipe Char dengan diawali dan diakhiri tanda kutip satu('').

Dalam Kolin kia bisa melakukan increemnt(++) dan decrement(--) pada sebuah variabel dengan tipe data Char:

Characters dapat melakukan increment(++) dan decrement(--) pada dasarnya setiap Characters merupakan representasi dari Unicode. Contoh Unicode A adalah 0041. Ketika kita melakukan increment maka hasilnya adalah 0042 yang mana merupakan Unicode dari B.

String
String adalah variabel yang dapat menyimpan data berupa teks yang bisa menerima lebih dari satu karakter. String di inisialisasi dengan diawali dan diakhiri tanda petik ganda ". Rangkaian huruf(Literal String) dibagi menjadi 2, yaitu

Petama adalah Escaped String yang bertujuan untuk mengurangi ambiguitas nilai yang berada di dalam sebuah String. Berikut beberapa contoh escaped :

  • \t untuk menambahkan tab kedalam teks.
  • \n untuk baris baru di dalam teks.
  • \b untuk satu karakter sebelumnya.
  • \r untuk menghapus semua karakter sebelumnya.
  • \' untuk menambahkan karakter single quote ke dalam teks.
  • \" untuk menambahkan karakter double quote ke dalam teks.
  • \\ untuk menambahkan karakter backslash kedalam teks.
Berikut contoh penerapan escaped dalam program kotlin

Selain itu, kita juga bisa menambahkan sebuah Unicode ke dalam sebuah String seperti berikut:


Yang Kedua adalah Raw String yang memungkinkan kita menuliskan multiline dan arbitary text.Triple quote("""...""") adalah penanda penggunaan raw string sehingga dapat membuat beberapa baris String tanpa pengulangan(concatenation) dan pengguanaa karakter escaped.Berikut Contoh program dari Raw String :


Boolean
Boolean adalah sebuah tipe data yang hanya memiliki nilai true dan false. Berikut contoh penggunaan boolean pada operator Conjunction, Disjunction, dan Negation

Conjunction atau AND (&&) akan memberikan nilai true jika semua hasil evaluasi expression bernilai true.

Disjunction atau OR (||) akan memberikan nilai true jika salah satu hasil evaluasi expression berniali true.

Negation atau NOT (!) untuk melakukan negasi pada hasil evaluasi expression yang diberikan. Jika hasil expressions setelah dievaluasi bernilai true, maka operator NOT akan mengembalikan nilai kebalikannya yaitu false.


Numbers
Number adalah tipe data yang digunakan khusus untuk menyimpan nilai dalam bentuk numerik. Beberapa tipe bawaan yang merepresentasikan Numbers yang memiliki ukuran (satuan Bit) berbeda-beda adalah Byte, untuk bilangan bulat (Byte, Short, Int dan Long) sedangkan untuk bilangan pecahan (Float dan Double).
Tabel bilangan bulat
Tabel bilangan pecahan

Berikut contoh program terkait tipe data number.

Penggunaan MAX_VALUE/MIN_VALUE untuk mengetahui nilai maksimal/minimal yang dapat disimpan oleh suatu tipe Number

Terdapat beberapa operator matematika pada tipe data Number seperti penjumlahan (+), pengurangan (-), perkalian (*) , pembagian (/) dan modulus (%, atau sisa hasil bagi).

Selanjutnya dibawah ini adalah contoh program untuk hendle konversi tipe data secara esplisit :

Dalam Kotlin kita bisa menuliskan nilai numerik yang “readable” dengan menggunakan tanda underscores seperti berikut:

No comments:

Post a Comment