Belajar Fundamental atau Sintaks Dasar Pada Kotlin

Pembahasan belajar fundamental sintaks kotlin adalah terkait sintaks paling mendasar ketika mencoba mengenal untuk membuat program dengan bahasa pemograman kotlin(terkait komentar, standard output, dan variabel).

Komentar digunakan untuk mendokumentasikan kode yang kita tulis agar ketika suatu saat kita membukanya kembali, kita bisa mengetahui fungsi dari kode yang kita beri komentar tersebut. Sebuah komentar akan dilewatkan ketika proses kompilasi, sehingga tidak akan mempengaruhi alur program yang kita tulis. Komentar dibagi menjadi 2, yaitu single line comment(komentar untuk satu baris, diawali // dan berakhir di akhir baris komentar tersebut) dan multi-line comment(Komentar beberapa baris, diawali /* dan ditutup dengan */). 


Standard Output dalam kotlin dapat menggunakan print() atau println(). Fungsi print() atau println() adalah mencetak teks ke dalam layar atau konsol, untuk println() setelah menampilkan teks akan memberikan perintah pindah baris atau enter.


Variabel digunakan untuk menyimpan informasi atau nilai yang akan dikelola di dalam sebuah program. Kata kunci dari variabel adalah val atau var, identifier, type, dan initialization
var identifier: Type = initialization

val atau var memiliki perbedaan jika var nilainya dapat diubah sedangkan val tidak dapat diubah.

Identifier merupakan nama dari sebuah variabel. Jika lihat gambar diatas testVar atau testVal. Tipe data dibutuhkan agar kompiler dapat mengetahui bagaimana sebuah data akan digunakan. Tipe data dari contoh gambar di atas adalah String. Initialization atau nilai awal dari sebuah variabel dimana jika dilihat gambar diatas adalah Hanif Amrullah dan Fachri Amruulah


No comments:

Post a Comment