Membuat Program Dengan Gradle

Pada pembelajaran kali ini  kita akan mencoba membuat program dengan gradle yang  mana di dalamnya terdapat plugin yang dibutuhkan untuk melakukan hal ini yaitu Gradle Init Build Plugin. 

Pertama kita buat folder untuk project terlebih dahulu, saya membuat folder kotlin-starter dengan path:/home/hanif/kotlin/project/kotlin-starter lalu kemudian jalankan perintah gradle init

Selanjutnya Kita bisa memilih jenis dari proyek yang ingin kita kembangkan dengan cara memilih angka yang ada pada daftar tersebut. Karena kita akan membuat proyek dengan tipe application maka masukkan angka 2 dan tekan enter, lalau bahasa pemrograman pilih 4(kotlin), dan Anda juga sesuaikan tipe dari build script(pilih kotlin), nama proyek dan juga package name yang akan digunakan.

Sampai di sini kita telah memiliki proyek Kotlin baru dengan nama kotlin-starter, package name com.wahanakoding.kotlin dan menggunakan Kotlin DSL sebagai build script-nya. Sebenarnya kita bisa meringkas langkah-langkah tersebut dengan cara langsung menuliskan perintah seperti berikut:
gradle init --type kotlin-application --dsl kotlin --project-name kotlin-starter --package com.wahanakoding.kotlin

Jika dilihat strukturnya project-Nya maka :

Jika di terminal kalian belum install tree, silahkan install dengan menjalankan perintah sudo apt install tree

Sampai sini kita sudah dapat running aplikasi dengan menjalankan perintah serperti dibawah ini :

Proses build untuk pertama kalinya dalam suatu project memakan waktu yang cukup lama di mana compiler akan mendownload beberapa library pendukung agar program dapat dijalankan dengan baik.

No comments:

Post a Comment