Collections Pada Kotlin

Collections merupakan sebuah objek yang dapat menyimpan kumpulan objek lain termasuk juga data class. Collection memungkinkan kita menyimpan banyak data sekaligus. List, Set, dan Map merupakan objek turunan dari collections.

List List berguna untuk menyimpan banyak data baik yang bertipe data yang sama maupun berbeda yang membungkusnya dalam sebuah objek.
Jika kita mengakses suatu list dengan memberikan argumen index melebihi kapasitasnya(kasus diatas misal ingin mencetak println(anyList[5]), akan menyebabkan error "Exception in thread "main" java.lang.ArrayIndexOutOfBoundsException: 5".Artinya Pesan di atas memberitahu kita bahwa List telah diakses dengan indeks ilegal. Ini akan terjadi jika indeks yang kita inginkan negatif atau lebih besar dari atau sama dengan ukuran List tersebut.
Pada dasarnya List bersifat imutable(tidak dapat melakukan perubahan terhadap nilai awal. Di Kotlin jika kita ingin tetap dapat memanipulasi data List maka dapat menggunakan fungsi mutableListOf. Berikut ini contoh programnya :

Sets
Set merupakan sebuah collection yang hanya dapat menyimpan nilai yang unik( akan membuang angka yang sama ). Berikut contoh program inisialisasi, komparasi, dan penggunaan ekstensi union dan intersect pada objek Sets : Sets juga mempunyai fungsi mutable yaitu dengan mutableSets() namun sayangnya tidak dapat untuk mengubah data hanya menambah dan menghapus data. Berikut contoh programnya :
Maps
Map merupakan sebuah collection yang memiliki format key to value

No comments:

Post a Comment