Collections Operations Pada Kotlin

Collections Operations merupakan terkait bagaimana cara modifikasi atau mengelola data di dalam suatu koleksi.
filter() dan filterNot() untuk mem-filter atau menyaring suatu data dalam sebuah collection. Berikut contoh implementasi programnya:
map() digunakan untuk membuat collections baru berdasarkan element dari collections sebelumnya yang nilai masing - masing elemennya dapat diolah sesuai kebutuhan. Berikut contoh dalam program :
count() digunakan untuk menghitung jumlah item/element yang ada di dalam collection. Berikut contoh penggunaan count() dalam kode progam :
find(), firstOrNull(), & lastOrNull() merupakan fungsi yang digunakan untuk mencari item atau element pada sebuah collection. Fungsi find(), firstOrNull sebenarnya memiliki kesamaan yaitu jika di dalam collection tidak ditemukan data yang sesuai, maka fungsi akan mengembalikan nilai null namaun jika kondisi terpenuhi maka pencarian selesai dimana ini berbeda dengan fungsi filter() dan map() yang akan terus menyelesaikan pengecekan untuk semua item. Untuk lastOrNull() dimanfaatkan untuk mencari item atau element terakhir. Berikut contoh dalam program :
first() & last() digunakan untuk menyaring item pertama atau terakhir dari sebuah collection. Konsepnya sama dengan firstOrNull maupun lastOrNull() hanya bedangan jika pada first() & last() menemukan kondisi yang tak terpenuhi maka akan terjadi Error atau Exceptions.
sum() digunakan menjumlahkan setiap data yang ada pada collection.Berikut contoh penggunaan sum() dalam kode program:
sorted() digunakan untuk mengurutkan item atau element yang ada di dalam collection. Pengurutan defaultnya secara ascending. Perhatikan kode dibawah ini:

No comments:

Post a Comment