While dan Do while Pada Kotlin

Perulangan adalah proses perulangan blok yang sama tanpa henti sampai kondisi yang diberikan tidak terpenuhi atau bernilai false. Perulangan terdiri dari While, Do While dan For Loop. Pembahasan kali ini akan membahas While dan Do While. Sementara For Loop akan dibahas terpisah pada pembahasan berikutnya.

While
Dalam perulangan while kita membutuhkan kata kunci while lalu di lanjutkan blok expressions yang diantara (...), lalu body dari while yang diawali dan diakhiri dengan curly brancet atau {...}.Contoh program seperti berikut : While bersifat Entry Controlled Loop. Artinya, kondisi yang diberikan akan dievaluasi terlebih dahulu. Jika kondisi tersebut terpenuhi maka proses perulangan akan dijalankan. Bagaimna jika kondisi dalam expression sama sekali tidak terpenuhi maka blok body dari while tidak akan pernah dieksekusi. Contoh programnya seperti berikut :

Do While
Perbedaan perulangan do while dengan while adalah terkait eksekusi blok body di jalakan setelah(untuk while) atau sebelum(untuk do while) kondisi di cek. Do While bersifat Exit Controlled Loop di mana proses perulangan akan langsung dijalankan di awal. Jika telah selesai, barulah kondisi yang diberikan akan dievaluasi.
Berhati - hatilah terhadap kondisi infinite loop, yaitu kondisi di mana proses perulangan berlangsung terus menerus sampai aplikasi menjadi crash.Contoh dari infinite loop adalah seperti berikut:

No comments:

Post a Comment