Handle Nullable Pada Kotlin

Handle Nullable pada kotlin adalah terkait bagaiman cara menangani nilai dari sebuah variabel yang belum diinisialisasi atau variabel yang bernilai null ketika mengaksesnya, sehingga kondingan NullPointerException(NPE) bisa terselesaikan sesuai flow semestinya.

Kejadian NPE ini sangat sering terjadi hingga dikenal dengan istilah “The Billion Dollar Mistake”. Kotlin memberikan kemudahan dalam penanganan nullability karena mampu membedakan objek yang boleh bernilai null dan objek yang tidak boleh bernilai null pada saat objek tersebut dibuat.


Safe calls operator (?.) berguna untuk menjamin kode yang kita tulis aman dari NullPointerException.Penerapannya adalah ketika variabel atau objek yang kemungkinan bernilai nullable diakses,kita dapat menggantikan (.) dengan (?.). Contohnya sebagai berikut :


Elvis Operator (?:) berguna untuk menetapkan default value atau nilai dasar jika objek bernilai null.

operator non-null assertion (!!) digunakan untuk mengizinkan kita untuk mengakses atau mengelola nilai dari sebuah objek nullable. Operator ini tidak direkomendasikan untuk dipakai karena operator ini memaksa untuk menganggap semua variabel tidak null sehingga ketika variabel tersebut memang nilainya nul makaakan terjadi NullPointerException(NPE).Berikut contoh penggunaanya :

No comments:

Post a Comment